CATUR ARIYA SACCANI

EMPAT KEBENARAN AGUNG TELAH DIBABARKAN

Setelah Pertapa Gautama mencapai Penerangan Sempurna, Beliau ditemui oleh Brahma Sahampati, yaitu suatu Mahkluk alam tinggi yang merupakan Raja Brahma yang menguasai dunia ini datang menemui Sang Buddha dan Brahma Sahampati beranjali menghormat kesucian SAng Buddha. Setelah itu Brahma Sahampati memohon agar Sang Buddha mengajarkan Ajarannya kepada manusia, Dewa, dan kepada semua mahkluk . Agar mereka semua bisa terbebasas dari penderitaan dan mencapai penerangan Sempurna.

Kemudian Sang Buddha mengerti akan hal itu dan setelah itu Sang Buddha pergi menuju ke Taman Rusa Isipathana, untuk mengajarkan Dharma kepada 5 orang pertapa teman Sang Buddha ketika melaksanakan Penyiksaan diri.

Pada mulanya ketika dilihat dari jauh, 5 orang pertapa itu batinnya diliputi dengan kebencian, tetapi………….., setelah dekat kelima orang pertapa itu langsung menyambut kehadiran Sang Guru Buddha.

Kemudian Sang Buddha mengajarkan :

CATUR ARIYA SACCANI (EMPAT KESUNYATAAN MULIA )

Catur Ariya Saccani merupakan 4 kebenaran mulia, yaitu kebenaran yang terjadi di 31 alam kehidupan mahkluk di semesta alam ini.

Wah……………..? Mantap banget ajarannya berlakunya sangat Universal.!!!!

Keempat Kesunyataan itu terdiri dari :

01. Dukkha, yaitu bahwa yang namanya hidup di semesta ini tidak akan lepas dari kelahiran, sakit, tua, dan akhirnya Matiiiii !!!!!!!!!!! dan itu berlaku untuk mahkluk, tetapi yang bukan mahkluk punterkena hukum itu, yaitu yang namanya benda apapun juga pasti berubah dan terus berubah, perubahan itulah yang namanya kondisi dunia yang 1 yang harus dimengerti oleh kita dan hal itu tentunya dijadikan bahan permasalahan bagi umat manusia.

02. Dukkha Samudaya, yaitu suatu sebab dari hal yang pertama. Jadi disini mengungkap jelas sebabnya Kelahiran, Sakit, Tua,dan Mati. Jika mau lebih detail mengenai hal tersebut kunjungi aja ke http://www.dhammacakka.org/, nah disitu bakal dibahas secara mendetail tentang ajaran Buddha tersebut.

03. Dukkha Niroda, yaitu suatu keadaan yang bebas dari segala permasalahan duniawi yang sangat menyedihkan. Jadi kalau kita sudah memiliki keadaan seperti ini berarti tidak akan lahir kembali, dengan tidak lahir maka kita tidak akan SAKIT,TUA dan MATI. Wah enak pasti itu ? Eh tapi enak pun sudah tak ada . Karena enak merupakan sebab dari keserakahan. Keadaan ini biasa disebut NIBBANA, atau NIRVANA, tapi perlu diingat bukan Nirvana group BAND !!!!!!!!!!!

04. Dukkha Niroda Gaminipatipada, Nah disinilah diajarkan agar kita lepas dari masalah duniawi yang serba membingungkan. Sang Buddha mengajarkan hanya dengan cara inilah seseorang bisa mencapai Buddha. Apakah itu ??????????

Ternyata caranya ada 8 yaitu :

01. Pengertian Benar

02. Pikiran Benar

03. Ucapan Benar

04. Perbuatan Benar

05. Penghidupan Benar

06. Usaha benar

07. Perhatian Benar

08. Meditasi Benar

 

Itulah cara-cara untuk mencapai Kebahagian Abadi. Kadang orang Banyak mengatakan kebahagian Abadi itu tak ada!!!!! AH……..Salah itu!!!!!

Dalam ajaran ini Kebenaran Abadi bukan hal yang mengherankan untuk lebih jelasnya anda semua tentang Ajaran ini bisa conek dan langsung aja ke http://www.samaggi-phala.or.id/

ok!!!!!!!!!!!

Demikianlah ajaran ini dibabarkan oleh Guru Yang Mulia Buddha kepada 5 orang pertapa yang akhirnya mereka semua pun memperoleh Kebahagiaan Sejati .

Sabbe Sattha Bhavantu Sukkhitatha……..

Semoga Semua Mahkluk Hidup Berbahagia……

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: