CUE LAK SELATPANJANG

CUE LAK SELATPANJANG

Tepatnya pukul 07.00 WIB, tanggal 23 Februari 2007 Kota Selatpanjang begitu meriah. Mengapa demikian ? Ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Yayasan Sosial Umat Beragama Buddha di Selatpanjang, yaitu berupa arak-arakan patung dewa yang ada di Kelenting Utama( Vihara Sejahtera Sakti ). Tak Ketinggalan Pula Atraksi Barongsai dan Naga turut mengiringi acara tersebut. Begitu juga warga suku Jawa juga ikut berpartisipasi yaitu berupa kebudayaan Jawa Seni Reog dan Kuda Kepang ikut pawai arak-arakan.

Hal tersebut merupakan kebudayaan Bangsa yang sepantasnya kita lestarikan dan pertahankan terus, guna mengembangkan aset pariwisata di Negeri Sanjungan Selatpanjang.

Patung Dewa dan Bodhisatva yang diarak mereka singgah di kelenteng-kelenteng daerah tersebut, sambil mengadakan atraksi yang beraneka ragam.Ada yang dari beberapa utusan kelenteng menusuk bibirnya, hidungnya,dahinya, lengannya, dengan barang-barang senjata tradisi masyarakat Tionghoa. Pokoknya menarik sekali dan jalan – jalan di kot tersebut macet, tetapi berkat bantuan Aparat keamanan, dan para simpatisan acara tersebut lancar dan aman serta terkendali.

Atrksi Barongsai, Naga dan Kebudayaan Jawa, pawai dengan semangat dan tertib serta para penonton di tepi jalan dan dirumahnya( yang dekat jalan ) memberikan angpau yang berisi uang. Wah senangnya dapat angpau!!

Acara tersebut selesai pukul 18.00WIB, setlah itu baru pesta naik becak. satu keliling kota selatpanjang kebanyakan mereka membayar Rp.20.000,- Abang becapun merasa senang dan yang menaik becakpun bergembira ria sambol membawa semprotan yang beraneka macam. Antar becak mereka saling semprot menyemprot. Wah senang banget mereka.

Semoga semua berbahagia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: